Rencana Penambahan Kursi Pimpinan DPR Harus Dimatangkan Kembali

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto. (foto: ist)

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto. (foto: ist)

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Terkait wacana yang pernah mengemuka tentang penambahan satu kursi Pimpinan di DPR, Wakil Ketua DPR RI Korinbang Agus Hermanto mengakui beberapa saat lalu memang ada rencana penambahan kursi Pimpinan DPR, untuk itulah diajukan revisi Undang-Undang MD3.

“Namun di tengah perjalanannya menjadi sedikit agak pudar, karena ada yang meminta lebih dari satu kursi, sehingga perlu dimatangkan kembali,” terang Agus Hermanto di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Agus Hermanto menyampaikan, apabila telah focus maka hal tersebut akan dibicarakan dalam Pansus Undang-Undang MD3, kemudian juga akan dikoordinasikan dengan pemerintah.

“Sebenarnya saat itu telah ada rencana-rencana, namun ada beberapa Fraksi yang pada waktu itu belum menyetujui seratus persen. Masih ada keinginan untuk menambah lebih dari satu kursi. Namun kalau kita lihat, menambah lebih dari satu kursi maka akan seperti apa yang namanya jabatan Pimpinan kalau terlalu banyak,” kata Agus Hermanto.

Menurutnya, sebaiknya dilakukan focusing saja terlebih dahulu, seperti apa yang akan laksanakan. Kemudian barulah melangkah lebih lanjut yakni dengan melaksanakan revisi UU MD3.

“Kalau nambahnya hanya satu kursi mungkin masih layak jika dilihat dari space dan juga sisi kelayakannya. Tetapi kalau nambahnya dua atau tiga, sepertinya kurang available. Inilah yang perlu dibicarakan, karena sebagian Fraksi masih ada yang berpendapat seperti itu,” pungkasnya. (**)