Indonesia Diharap Masuk Peringkat 7 Besar pada Asian Games 2018

Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah (tengah) saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR ke Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/1/2018). (foto: ist)

Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah (tengah) saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR ke Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/1/2018). (foto: ist)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah menargetkan Indonesia bisa mencapai peringkat 7 besar pada Asian Games 2018, dimana sebelumnya Indonesia hanya menargetkan 10 besar. Apalagi, menjadi tuan rumah event olahraga se-Asia itu merupakan momentum 40 sampai 50 tahun sekali.

“Saya mengharapkan Indonesia sebagai tuan rumah bisa meraih tujuh besar dalam kejuaraan Asian Games yang tidak lama lagi terselenggara, ini sebagai momentum 40 atau 50 tahun sekali,” ucapnya saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR ke Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Politisi F-PG itu memastikan, terkait target pencapaian ini, pihaknya sudah membahasnya dengan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dalam rapat kerja yang lalu. Ferdi menambahkan, pihaknya juga telah menghitung waktu persiapan yang tersisa dengan keseriusan yang lebih mendalam para atlet untuk berlatih dengan giat dan keyakinan untuk meraih target.

“Setidaknya, jika saya cermati untuk meraih target 7 besar atlet Indonesia harus mendapatkan kurang lebih 21 medali emas dari keseluruhan cabang olahraga yang akan bertanding,” imbuh Ferdi.

Terkait venue, Ferdi pun meyakini sejumlah venue cabang olahraga yang nantinya akan digelar di Jawa Barat relatif sudah bisa digunakan, kendati ada hal-hal yang harus di perbaiki. Namun dengan target waktu sekitar 6 bulan lagi, ia yakin semua venue akan siap.

“Tapi kita perlu antisipasi karena tidak semua venue yang akan digunakan bisa lulus test event, sehingga perlu di antisipasi. Jangan sampai nantinya ada persoalan atau kejadian yang tidak diinginkan dalam proses penyelenggaraan,” pesan politisi asal dapil Jawa Barat itu. (**)