Ini Empat Tuntutan Korban Abu Tours yang Ditampung Kemenag

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Kementerian Agama (Kemenag) sudah menampung empat aspirasi yang diinginkan oleh para jamaah yang menjadi korban travel Abu Tours.

Menag Lukman Hakim Saifuddin mengatakan hal itu setelah menjawab pertanyaan wartawan terkait peran Kemenag di balik nasib ribuan jamaah umrah korban travel Abu Tours di Kantor Kemenag Jakarta, Rabu 4 April 2018.

Menurut Menag Lukman, empat kategori jamaah korban Abu Tours tersebut adalah, Pertama, mereka yang ingin tetap diberangkatkan umrah walaupun harus membayar tambahan biaya.

Kedua, mereka tetap ingin diberangkatkan umrah, namun sama sekali tidak mau menambah biaya karena menurut mereka biaya yang mereka setor sudah cukup.

Ketiga, mereka yang tidak ingin berangkat umrah, namun meminta kembali biaya yang sudah disetor.

Keempat, mereka yang sudah tidak lagi mau berangkat dan tidak terlalu mengharapkan biaya kembali, namun yang penting dokumen seperti paspor dan lainnya bisa kembali.

“Terhadap empat kategori ini, tentu kategori satu dan empat bisa relatif dicarikan solusinya dengan segera. Untuk kategori dua dan tiga karena sekarang sudah dalam proses hukum tentu kita harus menungu putusan pengadilan karena harus dilihat aset-aset Abu Tour tersebut apakah mampu untuk memberangkatkan jamaah umrah atau mengembalikan biaya yang menjadi hak para jamaah,” tegas Menag usai bertemu Wakapolri Komjen Syafruddin di Kantor Kemenag.(**)