Suhu di Madinah Capai 42 Derajat, JCH Tetap Semangat Menjalankan Ibadah

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Tim Kesehatan Haji Indonesia yang mendampingi jemaah haji mengadakan visitas dan penyuluhan, Selasa, 24 Juli 2018. Sebagaimana yang dilaporkan langsung oleh salah satu Tim Kesehatan Haji Indonesia yang mendampingi kliter 4 JCH Embarkasi Makassar, Suparta.

Sebelumnya, kloter 4 JCH Embarkasi Makassar yang tiba di Hotel Arees Al Jiwar Kota Madinah pada Jumat, 20 Juli lalu tersebut didampingi 5 orang petugas kesehatan dan langsung melakukan visitas dan penyuluhan hingga hari Selasa, 24 Juli 2018.

Menurut Suparta, JCH yang diperiksa setiap harinya berjumlah rata-rata 60 jamaah dan gangguan kesehatan yang dialami berupa flu, sakit kepala dan kelelahan.

“Tujuan dan harapan dari kegiatan tersebut agar para JCH dapat mempertahankan dan meningkatkan kesehatan serta mendeteksi sejak dini bila ada jamaah mengalami gangguan kesehatan,” ujarnya, Selasa, 24 Juli 2018.

Saat ini, suhu di Madinah mencapai 42 derajat celcius, sementara jarak yang ditempuh oleh JCH dari tempat pemondokan menuju masjid sekitar 300 meter. Meski demikian, Suparta mengaku bahwa seluruh jemaah haji masih sanggup menjalankan ibadah.

“Alhamdulillah, mereka semua dalam keadaan bugar meskipun sekitar 75 persen jamaah yang beresiko tinggi (resti), sehingga kami dari tim kesehatan perlu mempertahankan dan meningkatkan kegiatan ini,” sambungnya.

Masih dari Suparta, pada Sabtu, 28 Juli 2018 pukul 08.00 waktu Saudi Arabia, jemaah akan chek out dari Hotel Arees Al Jiwar Madinah dan berangkat ke Makkah pukul 10.00 waktu Saudi Arabia. (**)