Komisi IX DPR RI Setujui Alokasi BPJS Tahun Anggaran 2019 Rp 26,77 Trilun

Komisi IX DPR RI saat membahas anggaran kementerian kesehatan tahun 2019

Komisi IX DPR RI saat membahas anggaran kementerian kesehatan tahun 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Komisi IX DPR RI menyetujui anggaran Kementerian Kesehatan untuk Tahun Anggaran 2019 senilai Rp 58,74 triliun. Dari anggaran tersebut, sebanyak Rp26,77 triliun diperuntukkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bagi warga Indonesia kurang mampu yang masuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Jumlah warga yang jadi peserta PBI sebanyak 96,8 juta orang.

“Saya sebagai anggota Komisi IX, sebagai wakil rakyat yang diberi amanah duduk di DPR RI tentu akan mengawal tidak hanya penganggarannya, tetapi juga mengawasi penggunaan anggarannya,”ujar Syamsul Bachri melalui rilis yang diterima Djournalist.com, Senin malam 22 Oktober 2018.

Lebih lanjut politisi dari Partai Golkar itu mengungkapkan, anggaran lainnya diperuntukkan untuk sarana dan prasarana kesehatan senilai Rp15,9 triliun. Lebihnya, untuk mengatasi seringnya terjadi kekurangan obat-obatan, maka Komisi IX juga menyetujui untuk dianggarkan senilai Rp4,48 triliun.

“Peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kesehatan juga dianggarkan. Jumlahnya Rp4,32 triliun. Semoga dengan anggaran ini, kualitas pelayanan kesehatan makin baik. Derajat kesehatan masyarakat juga makin meningkat,”katanya.