Ajiep Padindang Ajak Para Senator Tolak RUU HIP

Anggota DPD RI, Ajiep Padindang.

Anggota DPD RI, Ajiep Padindang.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) tidak hanya datang dari Ormas tapi juga dari para wakil daerah. Anggota DPD RI Ajiep Padindang membenarkan, hampir seluruh senator telah menyatakan penolakan terhadap RUU tersebut.

“Saya yang memotori gerakan anggota DPD RI tolak RUU HIP itu,”ujar Ajiep ketika dihubungi Djournalist.com, Selasa 16 Juni 2020 malam.

Lanjut senator asal Sulawesi Selatan ini dengan pertimbangan, pertama, pancasila adalah landasan dan falasah negara yang tidak tepat untuk dinormakan menjadi undang-undang. Kedua, dalam definisi sampai pada beberapa fasal dalam draf RUU HIP itu, uraiannya multi tafsir bahkan bisa dianggap menyempitkan pengertian tiap sila dalam pancasila.

“Jika disebut sebagai haluan ideologi juga tidak tepat, sebab pancasila adalah kristalisasi nilai luhur bangsa Indonesia yang dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia, seperti Ir.Soekarno, M Yamin dan lain-lainnya,”katanya.

Dia menambahkan, kalau dia haluan maka mestinya itu ketetapan MPR, bukan Undang-Undang.

“Terpenting, draf RUU itu telah mendapat respons yang luas dan cepat terutama dari MUI dan organisasinya keagamaan seperti NU, Muhammadiyah. Karena adanya kekuatiran akibat tidak masulnya Tap MPR tentang komunis,”jelasnya