Menkes Budi Gunadi Akan Bangun RS Rujukan Penanganan Penyakit Jantung, Kanker, dan Stroke di Makassar

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meninjau sejumlah lokasi yang nantinya akan menjadi rumah sakit rujukan khusus penanganan jantung, kanker, dan stroke untuk wilayah Indonesia Timur. Setidaknya ada dua lokasi yang disiapkan untuk RS Khusus Jantung, Kanker, dan Stroke, yakni Centre Point of Indonesi (CPI) dan Rumah Sakit Khusus Dadi (RSKD) Dadi Makassar.

Budi mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana membangun RS khusus untuk jantung, kanker, dan stroke untuk wilayah Indonesia Timur. Meski di Makassar, sudah ada Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo, tetapi perlu adanya lagi RS khusus penangan jantung, kanker, dan stroke.

“Rencana kami akan bangun selain RSUP Wahidin, ada RS khusus jantung, kanker dan stroke karena itu penyakit harus cepat ditangani,” ujarnya saat di RSKD Dadi Makassar, Selasa, 2 November 2021.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menegaskan keberadaan RS khusus jantung, kanker, dan stroke di Makassar sangat dibutuhkan. Pasalnya, dengan adanya RS khusus jantung, kanker, dan stroke di Makassar, masyarakat di wilayah Indonesia Timur tidak perlu lagi pergi ke Jakarta ataupun Semarang untuk berobat.

“Banyak penerbangan dari Papua, Maluku yang ke sini. Ini alternatif lokasi, sehingga warga di Indonesia Timur tidak lagi harus terbang jauh (ke Jakarta ataupun Semarang),” tegasnya.

Budi mengatakan Jakarta memiliki sejumlah rumah sakit besar untuk penanganan jantung, kanker, dan stroke berat seperti RS Cipto Mangunkusumo. Meski demikian, perlunya distribusi pelayanan penanganan untuk penyakit jantung, kanker, dan stroke agar sama seperti di Jakarta.

“Harus didistribusikan itu agar orang di Indonesia Timur itu, pelayanan sama dengan yang di Jakarta,” ucapnya.