Pascapilkada Serentak Jokowi Berpesan Jaga Kesatuan

Presiden Joko Widodo saat mengikuti gerak jalan santai Sahabat Rakyat Indonesia di Makassar, Mingu 29 Juli 2018.

Presiden Joko Widodo saat mengikuti gerak jalan santai Sahabat Rakyat Indonesia di Makassar, Mingu 29 Juli 2018.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Presiden Joko Widodo alias Jokowi berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa pascapilkada serentak yang digelar di 171 daerah pada tanggal 27 Juni lalu. Hal itu disampaikan saat menghadiri gerak jalan santai Sahabat Rakyat Indonesia bersama Jokowi di lapangan karebosi, Makassar-Sulawesi Selatan, Ahad 29 Juli 2018.

“Saya titip aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, kerukunan, dan persaudaraan harus rukun kembali. Tidak boleh retak. Setuju?,”sahut Jokowi kepada ribuan peserta gerak jalan santai di tribun lapangan karebosi.

“Mari bersama-sama membangun provinsi, kota, dan kabupaten masing-masing. Jangan sampe ada saling mencemooh setelah pilkada,”dia menambahkan.

Bangsa ini, lanjut Jokowi harus penuh dengan nilai-nilai etika dan agama. Mari bersama-sama kerjakan.

Beberapa saat kemudian. Jokowi menyahut kepada peserta gerak jalan santai yang finish di lapangan karebosi.”Siapa tadi bilang i love you. Saya kasih baju dan jaket”.

Selanjutnya ia pun memberikan jaket dan baju kepada peserta gerak jalan santai yang memadati lapangan karebosi. “Jangan rebutan. Nanti sobek,”katanya.

Gerak jalan santai Sahabat Rakyat Indonesia bersama Jokowi diikuti sekitar 700 ribu peserta. Digelar pukul 07.00 WITA dengan rute Jalan Jenderal Sudirman, Haji Bau, Penghibur, dan finish di lapangan karebosi, Jalan Ahmad Yani.

Penasehat tim kegiatan jalan santai Sahabat Rakyat Indonesia, Amran Sulaiman mengatakan, selama 3,5 tahun memimpin negara ini, Presiden Jokowi sudah delapan kali berkunjung ke Kota Makassar. Bahkan ia memuji keberhasilan Jokowi.

“Dalam sejarah Republik Indonesia. Tingkat kemiskinan dibawah 1 digit. Benar apa. Betul,”Sahut Amran.

Menteri pertanian itu menambahkan, dalam kegiatan ini, kupon yang terakhir dicetak berjumlah 700 ribu. Dihadiri 17 gubernur dan 197 bupati dan wali kota se-Indonesia.

Diantaranya yang hadir Pjs Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, dan Wali Kota Mohammad Ramdhan “Danny”. Pomanto.

Selanjutnya Gubernur Jateng, Jatim, Sulbar, NTT, Pjs Gubernur Sultra, serta Gorontalo. Kemudian, bupati Konawe Selatan, Wali Kota Kendari, dan Bupati Maluku Tenggara.

Selain itu hadir pula Menteri Sosial Idrus Marham dan Sekretaris PDI-P Sulawesi Selatan Rudy Pieter Goni.(**)